Senin, 03 Januari 2011

Membuat Novel Remaja yang Menarik

Hey para calon calon penulis novel berbakat ! haha mungkin kali ini kita akan sedikit membahasa tata cara  membuat novel remaja yang baik dan benar (wah?). Nah sekarang gini ya bro, semua mari kita ingat - ingat apa yang kita suka dari suatu novel? apa mungkin , hemm. tentang alur cintanya ? atau ketegangan dalam cerita? mungkin juga tokoh yang keren kocak imut lucu suka menabung ? haha setiap orang pasti berbeda,right? jadi tugas kalian sekarang pikirkan apa yang membuat kalian dapat menikmati novel tersebut!

Harry Potter, Davinci Code, sampai novel - novel indo lima sekawan dan masih banyak lagi.Saya yakin semua penulis mempunyai cara sendiri - sendiri untuk membuat novel, nah sekarang tujuan nya apa bro?ada yang bisa menjawab? apa? ah masa? ia bener deh haha . Nah benul (benar dan betul) ,para penulis ingin kalian menikmati novel itu bahkan sampai kita dapat memosisikan kita di salah satu tokoh di novel itu.Semua itu akan bisa kalian rasakan bila membaca banyak novel terlebih dahulu,dan bandingkan aja bro! pasti kalian bakal bisa bedain yang mana yang keren dan yang mana yang biasa aja.

Sekilas kita lihat objek dari novel itu,Remaja.So We have to know teenagers taste!(cah gaya ,wong deso ae)
haha benar bukan? masa kategori remaja tapi isinya bosenin ? nanti bisa-bisa para remaja cepet tua kalo maksa baca novel kayak gitu , dahi mengkerut alis naik satu ke atas dan otak mumet. hahaha remaja memang identik dengan hal yang beda,simple,nekad dan masih banyak lagi.sampe sini ngerti bro ? ayo kita lanjut ya.

Novel yang akan kita buat untuk remaja harus bisa menarik perhatian mereka bro! seperti apa misalnya?hem ,gini bro kita cukup menambahkan faktor - faktor seperti alur cerita yang lebih berfantasi jangan monoton ya! remaja akan cepat bosan , jadi kalian harus cekatan dalam menuliskan tulisan kalian.Posisikan apabila anda yang menjadi pembaca dan REMAJA.Itu akan membantu anda untuk dapat mengkorek si tulisan yang kalian tulis.Sampe sini ngerti bro? oke, tarik mang !

Sekali lagi saya ingetin ya bro, jangan membuat novel anda susah di gambarkan oleh pembaca.caranya gimana? buat tokoh yang cenderung unik,cuek,atau punya kelebihan yang umumnya remaja dapat rasakan.Nah dengan itu maka pembaca akan dapat lebih muda menggambarkan tokoh dalam novel anda.Isi dan makna dari novel anda juga harus jelas, karena itulah santapan utama untuk pembaca "mengerti apa yang di sampaikan penulis".

Stop sampe sini!saya mau bertanya , apa yang kurang dari faktor - faktor di atas? ada yang tau bro?haha, benul! efek cerita,apa itu efek cerita?gini bro,itu sama dengan keadaan cerita di novel.Tegang, mengharukan,marah,cinta dan masih banyak lagi unsur - unsur yang dapat kalian kuatkan dalam novel kalian.Saran saya jangan terlalu mengabaikan faktor yang satu ini,karena ini berpengaruh terhadap imajinasi pembaca tentunya.

Nah tiba saatnya untuk kalian mengetahui kunci dalam menulis novel remaja, pertama kalian harus Berani Berkarya,Berani Mengimajinasikan pikiran anda, dan yang penting Berani meng -Share hasil imajinasi anda lewat tulisan anda.Semoga bermanfaat ya bro ! akhir kata Salam Olahraga !(wah?) haha. 

Terima Kasih

8 komentar:

  1. keep blogging my dear ;-)

    BalasHapus
  2. Yang pengen baca2 novel gratis, mampir ke sini yukk! ;)

    http://nayacorath.wordpress.com

    BalasHapus
  3. terima kasih, postingan ini sangat membantu saya, bro..

    BalasHapus
  4. thanks bro ,, ntar ane coba lah ,, kalo gagal mau tnggung jawab gak nih ,, hahaha

    BalasHapus
  5. iaa bisa di coba, kalau gagal saya berani tanggung jawab, karena gagal itu tanda keberhasilan ! hha

    BalasHapus